Home » , , » Honda Mobilio Tawarkan Pesona Desain dan Mesin

Honda Mobilio Tawarkan Pesona Desain dan Mesin

Honda Mobilio Tawarkan Pesona Desain dan Mesin

By : Mahmudi Restyanto
sumber: autobild.



Honda Mobilio desainnya menarik perhatian karena terlihat modern dan berbeda dengan Compact MPV pada umumnya. Setelah memilikinya, kinerja mesin memuaskan.

Pilihan Compact MPV di Indonesia lima tahun lalu tidak terlalu banyak. Desainnya pun rata-rata mirip dan terlalu kaku. Namun ketika PT Honda Prospect Motor meluncurkan Mobilio, kami yakin ini akan menjadi calon raja Compact MPV.

Salah satu hal yang menarik perhatian kami ketika memutuskan membeli Honda Mobilio adalah desain eksteriornya yang bagus. Lekukan tegas di bodi membuat tampilannya elegan dan ini menjadi pembeda dari kompetitor.

Tetapi bukan berarti membeli mobil hanya melihat tampilannya saja. Kami mencoba mobil tersebut khususnya tenaga dari mesinnya. Tidak menyangka tenaganya mantap hampir seluruh putaran dari bawah sampai atas tenaganya merata. Ini membuat Honda Mobilio mampu diajak melalui medan datar, menurun maupun menanjak.

Dengan tenaga yang cukup besar ini kami sempat khawatir bagaimana konsumsi BBM-nya? Ternyata masih cukup irit dikelasnya. Bahkan kami pernah mencatatkan rekor irit 24.5 km/liter. Transmisi CVT sebagai penyalur tenaga juga terasa halus.
Mesin bisa sangat irit Kami berharap desain interiornya lebih modern
Kabinnya terasa luas dan mampu menampung keluarga dengan nyaman. Terutama pada baris ketiganya yang mempunyai legroom yang lega. Ini menjadi salah satu kelebihan karena rata-rata Compact MPV yang tiga baris terasa sempit di baris ketiganya.

Honda Mobilio nyaris sempurna jika saja interiornya tidak sama persis dengan Honda Brio. Memang basis Honda Mobilio diambil dari Honda Brio, tetapi kami berharap interiornya berbeda lebih modern.

Selain desain interior yang mirip kami juga merasa aneh dengan desain laci dasbor yang tidak presisi. Ini membuat seolah laci terlihat penyok. Semoga saja kedepannya desain ini bisa diubah sehingga bisa terlihat lebih rapih.

Sementara yang cukup menganggu kami ketika membeli Honda Mobilio standar adalah suara roda yang masih terdengar masuk ke kabin. Belum lagi suara menganggu dari pelindung pilar B di kabin. Sering kali lepas dan bergetar sehingga menimbulkan suara ‘klek-klek’. Ini menjadi perhatian kami karena kesenyapan kabin perlu agar penumpang merasa nyaman.

Kami berharap ada perbaikan pada Honda Mobilio generasi berikutnya. Mulai dari kesenyapan kabin yang ditingkatkan sehingga lebih kedap suara. Juga pelindung pilar B yang lebih solid. Aksesoris OEM untuk mempercantik tampilan Honda Mobilio kami harapkan bisa lebih banyak dan bervariasi.
Muat banyak penumpang dan setiap baris terasa nyaman Kabin luas dengan headroom dan legroom lega
Profil Mobilio Community

Perjalanan Mobilio Indonesia Community berawal dari hasil diskusi panjang di salah satu forum online terbesar di Indonesia. Kopdar pertama kali diadakan Februari 2014 di Electronic City SCBD. Beberapa hasil diskusi di kopdar perdana tersebut sempat dimuat di media massa.

Setelah itu beberapa kali kopdar kecil diadakan salah satunya adalah pemilihan pengurus kecil Mobility. Disepakati Mobility dilahirkan pada 1 April 2014 , tanggal tersebut dipilih supaya mudah diingat. Voting logo dilakukan di salah satu forum terbesar di Indonesia, kemudian disempurnakan kembali di salah satu kopdar yang bertempat Aumos, Pasar Minggu

Seiring bertambahnya anggota yang makin banyak, media sosial seperti Facebook , Twitter dan Website dibuat juga untuk memperkenalkan Mobility. Beberapa Mobility di wilayah Indonesia juga sudah terbentuk.


Bengkel Rujukan

* Bengkel Prime Autowerks yang berlokasi di Jalan Gili Sampeng Raya Nomor 12B, Kemanggisan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
* Bengkel Supernova, Jalan Curug Raya Nomor 7A-7B Kalimalang, Jakarta Timur.